advertisement
NelayanUMKM dan Kreatif

Pesona Pulau Pasir Belitung, Pulau Mungil Eksotis Nan Cantik

advertisement

Pulau Pasir di Belitung menjadi pilihan destinasi yang sering dikunjungi masyarakat dari berbagai luar daerah. Pulau ini terbentuk dari beberapa gundukan pasir yang terletak di tengah laut. Pengunjung hanya bisa menikmati Pulau saat air laut sedang surut. Kecantikan yang luar biasa akan muncul dari Pulau saat siang hari karena air mulai mengalami surut.

Para pelancong yang ingin berkunjung harus menyewa speed boat terlebih dahulu. Biasanya disana tidak terlalu banyak orang karena seperti berada di Pulau pribadi. Bahkan di pesisir tampak bintang laut yang berwarna merah dengan ukuran besar. Biota ini sangat jarang ditemui secara kasat mata karena di wisata lain bintang laut tidak selalu menampakkan diri.

Kebersihan air laut terjaga baik dan warna yang dihasilkan sangat senada dengan awan. Siapapun yang mampir ke Pulau Pasir akan merasa senang. Apalagi ombak tidak terlalu besar sehingga cukup aman dijadikan spot bermain. Selain itu banyak pantai di deretan Pulau yang bisa Anda jadikan tempat bersinggah sambil memotret keindahan panorama.

advertisement

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pasir Belitung

Daya Tarik Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Yehezkiel Fordianto

1. Biota Laut

Pulau Pasir mempunyai keunikan berupa biota laut yang tersebar di area pesisir. Bahkan saat air mulai surut biota tersebut bermunculan dan tentu dapat dilihat langsung. Traveller tidak perlu menyelam untuk menikmati kecantikan biota. Biasanya bintang laut menjadi spesies biota yang mudah dijumpai pada kawasan Pulau dalam jumlah banyak.

Sebagian pengunjung juga ada yang snorkeling untuk menikmati air laut. Beragam biota yang muncul sering dipotret melalui kamera atau sekedar direkam. Hal yang terpenting jangan membawa pulang bintang laut dan biota lain agar tetap lestari. Anda hanya boleh menikmati kecantikan biota saja tanpa merusak habitat.

advertisement

2. Air Pantai

Laut yang sedang surut menjadi waktu paling tepat untuk berlibur ke Pulau Pasir. Bahkan selama dilihat warna air ada yang biru muda hingga biru tua. Gradasi tersebut seirama dengan kecerahan awan ketika siang karena air laut masih jauh dari polusi sampah.

Kejernihan di setiap pantai sekitar Pulau memang menjadi keunikan wisata. Wisatawan sering berenang atau bermain air di sekitar laut. Selain itu pengunjung bisa berkeliling dengan naik perahu nelayan untuk menyisiri laut yang jernih.

3. Hamparan Pasir Putih

Pulau memang sering dikaitkan dengan panorama pasir yang melengkapi keindahan. Pulau Pasir dikenal memiliki hamparan pasir lembut yang berwarna putih. Bahkan area itu sering dipakai untuk olahraga atau melakukan beberapa permainan seru.

Ketika berada di pasir Anda dapat berfoto sekaligus memanjakan mata. Wisatawan juga bisa berjemur karena pasir langsung menghadap ke arah pantulan matahari. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan spot pasir yang ada di tiap pantai Pulau tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Pasir
Image Credit: Instagram Dafit Lim

Pulau Pasir Belitung terletak di Desa Air Itam, Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Keberadaan Pulau cukup jauh dari pusat kota karena membutuhkan jarak beberapa kilo meter. Pengunjung yang ingin cepat sampai dapat menyewa jasa tour guide dan boat pribadi. Tetapi disana juga tersedia boat umum untuk perjalanan menuju lokasi Pulau Pasir tersebut.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi maka dapat menitipkan di tempat yang telah tersedia. Kemudian lanjutkan perjalanan memakai persewaan speed boat untuk menyisiri Pulau. Waktu perjalanan diperkirakan 30 menit dengan melewati keindahan laut lepas. Ketika sudah sampai disana traveller bisa pula berkunjung ke beberapa macam Pantai.

Petugas yang ada di area siap mengantarkan tamu ke wisata Pulau itu. Anda yang dari luar kota sebaiknya datang mulai pagi karena akses jalan menuju Pulau lumayan jauh dari Bandara Depati Amir. Ketika sudah usai berkunjung maka pelancong bisa kembali menuju tempat penitipan kendaraan dengan naik kapal laut atau speed boat yang telah disewa.

Biaya Wisata ke Pulau Pasir Belitung

Biaya Wisata ke Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Yuri | π™ΏπšŽπšπš’πšπšŽ π™±πš•πš˜πšπšπšŽπš›

Pulau Pasir Belitung memang menjadi spot berlibur yang tidak akan menguras kantong. Sewa speed boat ditawarkan dengan harga bervariasi mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 300.000. Hal itu dipengaruhi oleh jenis boat yang disewa seperti private atau umum. Biaya ini sudah termasuk pulang pergi saat berkunjung ke Pulau sehingga dijamin cukup murah.

Setelah berada di pulau, Anda akan melihat beberapa Pantai cantik yang berjejer. Pantai tersebut ada yang gratis dan berbayar dengan harga bervariasi. Wisatawan tidak perlu khawatir karena biaya masuk ke setiap Pantai tidak membutuhkan budget banyak. Disana juga ada persewaan alat meskipun tidak terlalu lengkap dengan biaya yang hemat.

Pengunjung yang menitipkan kendaraan sebelum melipir ke Pulau harus membayar tarif. Harga mulai dari 10.000 saja tergantung dari jenis kendaraan. Pada sekitar kawasan belum banyak yang menjual kuliner jadi para tamu harus menyiapkan sendiri. Biaya berlibur ke Pulau Pasir memang dikenal sangat murah dan tentu sebanding dengan keindahan tempat.

Ragam Aktivitas Seru di Pulau Pasir Belitung

Ragam Aktivitas Seru Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Yurna Jingga Sitara

1. Hunting Foto

Pulau Pasir menawarkan kecantikan tempat yang bisa digunakan hunting foto. Air laut yang sangat jernih mampu membuat background semakin bernuansa alam. Bahkan warna langit pun tampak seirama dengan laut yang membuat jepretan foto cantik. Jadi pengunjung harus mencari spot terbaik untuk mengabadikan momen di lautan pulau ini.

2. Melihat Biota Laut

Biota laut banyak yang terlihat di Pulau apalagi saat air sedang surut. Bintang laut menjadi biota yang sering ditemukan di sekitar pesisir. Ikan kecil serta kerang juga menjadi pelengkap kecantikan Pulau yang dapat dilihat secara kasat mata. Sehingga traveller akan senang selama di area karena biota laut yang mudah ditemui serta bisa dijadikan latar foto.

3. Berenang

Kejernihan air laut yang berwarna biru sering dinikmati dengan berenang. Apalagi air laut di Pulau terasa dingin karena masih alami dan ombak tidak terlalu besar. Pelancong dapat menyiapkan pelampung jika ingin bermain air di sekitar Pulau. Jadi jangan sampai melewatkan olahraga renang untuk menikmati kesegaran laut yang masih jarang ditemui.

4. Bermain Voli

Voli menjadi permainan sekaligus olahraga yang dapat dicoba saat melipir ke Pulau. Hamparan pasir tampak putih bersih dengan aliran ombak yang melintasi. Pengunjung perlu membawa alat untuk voli pantai mulai dari bola hingga net. Biasanya sebagian orang melakukan olahraga ini ketika pagi atau siang hari jadi tidak akan terasa panas terik.

Ragam Aktivitas Seru di Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Yordan Belitung

5. Berjemur

Pulau Pasir Belitung yang menyediakan tempat luas serta pasir putih cocok untuk berjemur. Jika Anda datang mulai pagi maka dapat menyiapkan alas serta kacamata hitam. Sinar matahari yang memantul mampu membuat tubuh sehat. Maka dari itu cobalah berjemur di kawasan Pulau sambil melihat warna langit yang cerah dan mendengarkan suara ombak.

6. Piknik di Pulau Pasir

Menikmati kuliner dengan menyiapkan bahan makanan dari rumah menjadi aktivitas yang menyenangkan. Traveller yang datang sering mengajak kerabat dekat untuk piknik. Apalagi suasana Pantai terasa sangat asri dan nyaman karena dikelilingi pohon kelapa. Anda bisa membawa camilan dalam jumlah banyak supaya kegiatan bersantai terasa semakin lengkap.

7. Menyewa Perahu

Kawasan Pulau terlihat menyediakan persewaan perahu yang dijaga oleh nelayan. Perahu tersebut sering dipakai para tamu untuk berkeliling menyusuri Pulau. Apalagi di sekitar wisata banyak pantai yang menarik dikunjungi. Sehingga Anda bisa mencoba berjelajah dengan naik perahu tradisional tersebut sambil merasakan udara Pulau yang sangat segar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Pasir
Image Credit: Instagram Yulis Amalia

Pulau Pasir di Belitung terlihat menyuguhkan fasilitas yang membuat traveller betah. Penyewaan speed boat mudah ditemui di sekitar untuk perjalanan menuju Pulau. Apalagi terdapat pilihan penyewaan mulai dari umum hingga private. Disana juga menyediakan sewa alat bermain air meskipun tidak terlalu lengkap namun cukup seru saat dicoba tamu.

Kamar mandi tersebar di sudut destinasi supaya pengunjung bisa membasuh diri. Toilet ini memang tidak terlalu besar, tetapi cukup bersih dan ada persediaan air mengalir. Bagi pelancong yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda maupun mobil dapat menitipkan di lahan parkir. Kemudian Anda perlu menyewa speed boat untuk berkeliling di area Pulau.

Warung makan masih belum terlihat di Pulau Pasir karena tempat yang cukup jauh dari kota. Traveller tentu dapat membawa sendiri supaya tidak merasa lapar. Tempat ibadah juga masih belum tersedia di sekeliling Pulau. Selain itu gazebo atau tempat duduk sudah disediakan pengelola meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak untuk bersantai.

Demikian uraian terkait destinasi Pulau Pasir di Belitung yang masih bernuansa alami. Siapapun yang berkunjung akan terkesima karena tempat yang dikelilingi panorama. Anda perlu mengajak kerabat dekat untuk menikmati akhir pekan di Pulau. Selain itu persiapkan segala alat yang memang diperlukan selama melipir ke Pulau agar liburan terasa lebih seru.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Matikan Adblock di browser anda untuk mendapatkan pengalaman penelusuran terbaik.